Sambutan Direktur

Direktur Sistem Informasi Manajemen

Richard Pramono, S.Kom., M.Sc.

Direktorat SIM Universitas Surabaya terus berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas layanan ICT (Information and Communication Technology) di lingkungan Universitas Surabaya. Berbagai jenis pengembangan baik di bidang Hardware, Jaringan, Telekomunikasi, Software, maupun Database terus diupayakan di setiap tahunnya.

Di bidang hardware, pengembangan dan pembenahan infrastruktur terus diupayakan. Pengembangan jaringan cadangan backbone Kampus Tenggilis dan perluasan jaringan komputer hingga menjangkau kelas-kelas yang ada di berbagai Fakultas di Kampus Tenggilis untuk mempermudah proses perawatan komputer yang ada di tiap kelas serta memungkinkan komputer-komputer tersebut untuk terhubung dengan Internet.

Pemanfaatan teknologi informasi secara umum, khususnya Internet, saat ini benar-benar menjadi kebutuhan pokok pada sebuah perguruan tinggi, khususnya untuk mendukung proses belajar mengajar maupun administrasi. Demi kenyamanan penggunanya besarnya bandwith akan terus ditambah. Saat ini koneksi Internet Ubaya sendiri adalah sebesar 193 Mbps, dengan detil bandwith sebanyak 43 Mbps untuk IX only, 10o Mbps untuk IIX only, dan 50 Mbps untuk IX and IIX mix.

Berbagai pengembangan lainnya di bidang ICT juga tidak lepas dari perhatian Direktorat SIM. Implementasi IPv6 yang telah ramai dibicarakan oleh pengamat IT, perlu untuk dilaksanakan. Pembenahan billing system untuk mencatat penggunaan perangkat telekomunikasi PABX yang telah dilakukan pada tahun anggaran 2010-2011, masih harus terus disempurnakan, agar pemanfaatan fasilitas ini dapat dipantau dengan lebih optimal.

Di bidang software, situs web resmi yang menjadi salah satu ‘wajah’ Ubaya untuk dikenal publik, harus terus diperbaharui, agar dapat mengikuti perkembangan jaman dan teknologi, dan dapat memenuhi kebutuhan pengaksesnya. Berbagai upaya untuk meningkatkan jumlah pengguna situs ini akan terus dilakukan. Penggunaan SEO untuk memperbaiki ranking situs dalam search engine misalnya, diharapkan akan mendongkrak jumlah pengguna dan halaman yang diakses.

My Ubaya, sebuah portal yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika dan karyawan Ubaya juga akan mendapatkan perhatian khusus. Hal ini mengingat telah terselesaikannya berbagai proyek pengembangan database terintegrasi, sehingga terjadi perubahan secara total terhadap struktur basis data yang selama ini digunakan. Nantinya diharapkan My Ubaya akan dapat memenuhi berbagai kebutuhan data maupun informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Dalam hal pemasyarakatan software bebas, Direktorat SIM juga selalu melakukan berbagai upaya dari tahun ke tahun. Direktorat SIM akan terus berupaya untuk memperbaharui sistem operasi Buaya yang dikembangkan. Selain itu, Direktorat SIM terus berupaya untuk mengadakan berbagai pelatihan yang terkait, agar lebih banyak lagi staf Universitas Surabaya yang menguasai dan tertarik untuk memanfaatkannya.

Pengembangan staff internal di Direktorat SIM juga mendapatkan perhatian tersendiri pada program pengembangan dari tahun ke tahun. Berbagai kegiatan yang berupa training, worshop, seminar, maupun sertifikasi diupayakan untuk dilaksanakan pada tahun anggaran ini. Peningkatan kemampuan ini diharapkan akan secara tidak langsung akan dapat meningkatkan pula kecepatan dan kualitas layanan yang diberikan.