Blog Detail

Hati-hati Email Palsu Mengatasnamakan Norton

31 Mar 15
krist ha
, , , , , ,
No Comments

Pernahkan Anda mendapat email yang dikirim seolah-olah dari penyedia antivirus terkenal sekelas norton? Atau Anda pernah menerima email yang seolah-olah dikirim dari Administrator email Ubaya? Sebaiknya Anda perlu waspada. Beberapa kali pengguna email di Ubaya tercatat pernah dikirimi email sejenis. Pada badan email seringkali ditulis suatu link yang menuju ke alamat tertentu dan biasanya pengguna diminta mengisi form. Seringkali pada form, pengguna diminta memasukkan username dan password emailnya. Jangan sekali-kali memasukkan username dan password email Anda.

Berikut gambaran email yang penulis terima sore ini, kadang kala model dan bentuk email bisa berbeda-beda namun ada satu hal yang mirip adalah seolah-olah email akan dinonaktifkan.

Email Palsu mengaku dari Norton

Email Palsu mengaku dari Norton

Pada badan email seperti dijelaskan di atas, email ini memberikan link yang bertuliskan “Click here now to scan and sanitize your email account“, selanjutnya penulis coba untuk ditekan link tersebut menuju ke suatu website yang didesain mirip dengan website symantec norton antivirus.

Website norton palsu

Website norton palsu

Seperti penulis sampaikan di atas, website norton palsu ini meminta Anda memasukkan username dan password. Apabila Anda memasukkan username dan password email Anda, secara otomatis data username dan password Anda telah terekam didatabase si pencuri. Berikutnya email Anda bisa jadi tidak dapat diakses karena bisa jadi email Anda telah dikuasai si pencuri. Agak “beruntung” paling-paling email Anda akan diserang virus, spyware dll. Jadi sekali lagi JANGAN COBA-COBA MASUKKAN USERNAME DAN PASSWORD Anda!

Penulis melakukan pelacakan lanjut dengan mencari informasi pemilik website di atas yang beralamat di http://womanid.com/nortcc778ujei882jfe21bc8irfe229811b/ melalui website who is. Who is sendiri adalah sebuah website yang berguna bagi pencarian informasi mengenai nama domain, siapa pemiliknya, reseller pendaftar domain tersebut, alamat si pemilik domain, nama si pemilik dan lain sebagainya. Setelah domain website di atas disearching pada website who is tampak informasi yang bisa kita baca.

Hasil penelusuran Who Is

Hasil penelusuran Who Is

Beberapa data penting yang bisa didapat adalah Registrant Name, Street, City dan Phone dan informasi-informasi pentingnya. Dari informasi tersebut, muncul pertanyaan Apakah Symantec Norton Antivirus beralamat di Bekasi?

Coba bandingkan dengan hasil who is website resmi Symantec Norton dot com berikut ini:

Screen Shot 2015-03-31 at 5.04.22 PM

Dari sedikit penjelasan di atas semoga dapat membantu semua pengguna email di Ubaya. Perlu penulis tekankan, email yang sama seperti yang penulis terima sore ini bisa juga diterima bukan saja di email Ubaya, namun bisa juga di email lainnya seperti email hotmail, yahoo mail atau google mail.

Bentuk email sejenis dengan format yang sedikit berbeda penulis tampilkan sebagai informasi tambahan agar pengguna lebih waspada terhadap kejahatan-kejahatan internet, khususnya kejahatan email. Jenis kejahatan seperti ini disebut email phishing.

Bentuk Lain Email Palsu

Bentuk Lain Email Palsu

Bentuk lain email palsu di atas, mengatasnamakan administrator email Ubaya. Perlu diketahui oleh pengguna email Ubaya bahwa Administrator Email pada Direktorat Sistem Informasi Manajemen UBAYA TIDAK AKAN PERNAH meminta USERNAME dan PASSWORD pengguna. Segala bentuk pengumuman tidak akan pernah meminta pengguna mengisikan username dan password serta bentuk-bentuk pengumuman akan disampaikan dalam Bahasa Indonesia.

Semoga informasi singkat ini dapat dipahami oleh pengguna sekalian.